Hasil Uji Lab, Kali di Perumahan Bukit Tiara Cikupa Tercemar Limbah Industri

  • Whatsapp
Hasil Uji Lab, Kali di Perumahan Bukit Tiara Cikupa Tercemar Limbah Industri
Kepala DLHK Kabupaten Tangerang, Achmad Taufik.

KABUPATEN TANGERANG, RADAR24NEWS.COM-Fenomena berubahnya warga air kali di Perumahan Bukit Tiara, Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang jangan dianggap sepele. Sebab, hasil uji sampel laboratorium (Lab) dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang, diketahui air kali tersebut tercemar limbah industri dan domestik.

“Berdasarkan hasil lab, air di kali Perumahan Bukit Tiara sudah tercemar. Itu diakibatkan oleh limbah industri dan limbah domestik,” ungkap Kepala DLHK Kabupaten Tangerang, Achmad Taufik, Kamis (13/1/2022).

Bacaan Lainnya

Baca juga: Kali di Perumahan Bukit Tiara Cikupa Mendadak Berwarna Ungu, Kok Bisa?

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pengawasan pada DLHK Kabupaten Tangerang Sandi menyatakan, pihaknya mengambil dua sampel air di kali Perumahan Bukit Tiara Cikupa tersebut. Pertama sampel air diambil dari saluran kali di Desa Pasir Jaya, dan kedua sampel air diambil di dekat pabrik PT Panarub. Hasilnya, keduanya dinyatakan tercemar berdasarkan hasil lab.

“Kesimpulanya, dari hasil lab, ternyata air kali di Perumahan Bukit Tiara Cikupa melebihi baku mutu (tercemar_red),” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, warna air di kali di Perumahan Bukit Tiara, Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang mendadak berwana ungu dan merah mendadak viral di di media sosial (medsos) pada Rabu (15/12/2021). Merespon informasi tersebut, petugas DLHK Kabupaten Tangerang langsung turun dan mengambil sampel air di kali tersebut untuk diperiksa di laboratorium. (mey)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.