Enam Bulan, 2.015 Warga Kabupaten Pandeglang Masih Nganggur

  • Whatsapp
Meski wilayah KabupatenPandeglang memiliki obyek wisata yang indah, tapi belum mampu menyerap banyak tenaga kerja. (istimewa)

KABUPATEN PANDEGLANG,RADAR24NEWS.COM-Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertran) Kabupaten Pandeglang mencatat selama enam bulan terakhir atau dari Januari hingga Juni 2020 sebanyak 2.183 warga telah membuat kartu pencari kerja. namun dari ribuan tersebut, tercatat 2.015 warga masih nganggur, sementara 168 orang diketahui sudah mendapat kerja.

Kepala Bidang (Kabid) Penempatan Perluasan Kerja pada Disnakertrans Kabupaten Pandeglang, Dadun Kohar memprediksi, jumlah angka penganguran di Kabupaten Pandeglang semakin bertambah. Sebab, berdasarkan data terakhir selama tiga bulan sebanyak 2.015 warga diketahui masih nganggur.

“Berdasarkan data kami yang berasal dari jumlah pemohon kartu pencari kerja selama tiga bulan terakhir, dari 2.183 orang diketahui sebanyak 2.015 warga belum mendapatkan kerja, sementara 168 orang sudah mendapatkan kerja,” kata Dadun kepada wartawan, Jumat (19/6/2020).

Baca juga: Rawan Gempa dan Tsunami, BMKG Bangun Menara di Pandeglang

Menurut Dadun, berdasarkan hasil wawancara dengan pemohon kartu pencari kerja tersebut, mayoritas mereka akan mencari kerja di luar Kabupaten Pandeglang, seperti ke Tangerang, Serang dan Jakarta dan Bekasi. Hal itu karena masih minimnya lapangan pekerjaan di Kabupaten Pandeglang.

“Lapangan kerja di Kabupaten Pandeglang sangat minim, akhirnya mereka mencari kerja ke Tangerang, Serang, Jakarta dan Bekasi,” ungkapnya.

Masih berdasarkan hasil wawancara dengan ribuan pencari kerja tersebut, lanjut Dadun, mereka saat ini kesulitan mencari kerja di luar Kabupaten Pandeglang tersebut karena banyak perusahaan yang tidak membuka lowongan dampak dari pandemi virus corona atau Covid-19.

“Meski mereka (pencari kerja_red), mayoritas saat ini berada diluar daerah, tapi mereka tetap sulit mencari kerja lantaran banyak perusahaan yang tidak buka lowongan karena Covid-19,” pungkasnya. (agus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *