Dukcapil Tangerang Terbitkan 18 Akte Kelahiran Transpuan

  • Whatsapp
Dukcapil Tangerang Terbitkan 18 Akte Kelahiran Transpuan
Kondisi di Kantor Discapil Kota Tangerang, Senin (23/8/2021).

KOTA TANGERANG, RADAR24NEWS.COM-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau Dukcapil Tangerang telah menerbitkan akte kelahiran untuk 18 transpuan dan transgender. Hal tersebut susaui dengan Intruksi Jendral Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Berdasarkan data kami, sudah ada 18 transpuan dan transgender yang sudah mendapatkan akte kalhiran. Sementara 17 oranya baru mendapatkan e-KTP,” kata Sri Warsini, Kepala Bidang Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk pada Dukcapil Kota Tangerang, Senin (23/8/2021).

Bacaan Lainnya

Sri menjelaskna, kelompok transpuan dan transgender di Kota Tangerang mendapat akte kelahiran dan e-KTP tersebut, berdasarkan intruksi dari Dirjen Dukcapil pada Kemnedagri untuk memberikan dokumen kependudukan kepada warga negara tersebut.

“Mereka (transpuan dan transgender), sama sebagai warga negara yang harus memiliki dokumen kependukan. Maka dari itu, kami melayanai dan menerbitkan akte kelahiran dan e-KTP tersebut,” ujarnya.

Baca juga: Disdukcapil Kabupaten Tangerang Pastikan Tak Ada KTP Transgender

Meskipun transpuan dan transgender mendapatkan akte kelahiran dan e-KTP, lanjut Sri, pihaknya tidak merubah jenis kelaminnya. Artinya, jenis kelaminnya sesuai dengan aslinya. Misalnya, jika mereka berjenis kelamin laki-laki, di akte kelahiran dan e-KTp tetap ditulis laki-laki.

“Kita tak merubah jenis kelamin mereka, jenis kelamin dan nama tetap dengan aslinya,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Sri mengimbau kepada transpuan dan transgender yang akan membuat dokumen kependudukan untuk mengisi formulir yang sebenarnya. Sebab, dengan memalsukan dokumen bisa menjadi pelanggaran hukum.

“Kami siap melayani transpuan dan transgender yang mengajukan dokumen kependudukan, tapi diharapkan diisi formulir dengan sebenar-benarnya,” pungkasnya. (mg-agis/imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.