DPRD Setuju PL Kecamatan Dialihkan ke OPD Kabupaten Tangerang

  • Whatsapp
DPRD Setuju PL Kecamatan Dialihkan ke OPD Kabupaten Tangerang
Ilustrasi: Proyek

KABUPATEN TANGERANG, RADAR24NEWS.COM-Keputusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang mengalihkan proyek sistem Penujukan Langsung (PL) di Kecamatan ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mendapat dukungan dari sejumlah anggota DPRD Kabupaten Tangerang. Mereka menyebut pengalihan tersebut, sudah sesuai dengan regulasi.

Anggota DPRD Kabupaten Tangerang Sapri mengatakan, saat ini Pemkab Tangerang sudah menerapkan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) sesuai dengan aturan dari Pemerintah Pusat. Artinya, Pemkab Tangerang harus mengikuti aturan tersebut, jika tidak akan terkena sanksi.

Bacaan Lainnya

“Regulasi itu (PL Kecamatan dialihkan ke OPD) mengikuti aturan tersebut,” Kata Sapri kepada radar24news.com saat ditemui dirumahnya, Jumat (12/2/2021).

Baca juga: Underpass Bitung Jadi Biang Macet di Kabupaten Tangerang

Sebetulnya, kata Sapri, pihak OPD juga merasa beban menerima pengalihan PL dari Kecamatan tersebut. Namun karena aturan yang mengharuskan seperti itu, tentunya harus dilaksanakan dengan baik.

“Jadi begitu, pengalihan PL Kecamatan ke OPD sudah sesuai dengan regulasi yang harus dilakukan,” kata Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Hal senada disampaikan, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Tangerang Wahyu Nugroho mengatakan, tidak masalah PL Kecamatan dialihkan ke OPD. Menurut Wahyu, yang terpenting adalah ada pembangunan yang dilakukan Pemkab Tangerang di Kecamatan dan bisa dirasakan oleh masyarakat.

“Tidak masalah, yang terpenting pembangunannya ada dan bisa dirasakan masyarakat,” kata Wahyu melalui telepon.

Wahyu juga menyakini, pengawasan pembangunan yang dilakukan OPD tersebut bisa maksimal. Hal itu karena OPD sudah membentuk tim pelaksana pengawasan pembangunan yang dilakukan di kecamatan.

“Sebetulnya, pihak kecamatan juga masih mengelola anggaran pemeliharaan, memang anggaran pembangunannya dialihkan ke OPD, seperti DBMSDA, Dindik, DTRB dan Disperkim,” pungkasnya.

Sekedar informasi, awalna Bupati Tangerang mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 4 Tahun 2016 yang memberikan delegasi ke camat untuk mengelola proyek PL yang anggaranya dibawah Rp 200 juta. Saat ini, Pemkab Tangerang sudah memutuskan kembali bahwa PL Kecamatan tersebut dialihkan ke OPD. (ade maulana)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *