DPRD Desak Pemkab Lebak Bentuk Desa Siaga Covid-19

  • Whatsapp
Komisi I DPRD Kabupaten Lebak mengelar rapat dengar pendapat dengan DPMD Kabupaten Lebak.

KABUPATEN LEBAK, RADAR24NEWS.COM-Komisi I DPRD mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak untuk segera membentuk desa siga covid-19. Hal itu perlu dilakukan agar penanganan virus corona secara masif dilakukan hingga tingkat desa.

Anggota Komisi I DPRD Lebak M Agil Zulfikar mengatakan, Pemkab Lebak melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) diminta untuk segera membentuk desa siga covid-19.

“Kami ingin sebanyak 340 desa dan lima kelurahan bisa menjadi desa siaga menangani covid. Harapannya DPMD terus mendorong dan melakukan koordinasi untuk bersama melawan covid 19,” kata pria yang akrab dipanggil Agil ini kepada wartawan, Rabu (22/4/2020).

Baca juga: Kinerja Dirut PDAM Dinilai Tak Maksimal, DPRD Lebak Minta Dievaluasi

Agil mengajak, DPMD agar fokus bagaimana membangun desa siaga. Artinya mendorong desa agar dapat mengalokasikan anggaran untuk antisipasi penularan covid 19.

“Mulai dari menyiapkan ruang isolasi, sampai pada pengadaan alat pendeteksi suhu tubuh hingga penyemprotan disinfektan. Kita ingin di semua desa menjadi desa siaga agar dapat memutus mata rantai penyebaran covid 19,” ujarnya.

Selain fokus pencegahan covid 19, Komisi I akan mengawal program Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang dialokasikan dari dana Desa sebesar Rp 600 ribu per Kepala Keluarga.  Supaya BLT tepat sasaran.

“Jujur, 4 jam sebelum RDP, saya dapat kiriman berita terkait adanya warga tetangga kabupaten yang selama dua hari tidak makan dan hanya mengonsumsi air galon hingga meninggal dunia. Nah atas adanya kejadian itu saya tak mengharapkan sampai terjadi di Kabupaten Lebak, oleh karena itu dinaikan standar verifikasinya harus tepat sasaran jangan yang sangat membutuhkan malahan tidak dapat bantuan,” pungkasnya. (yud/imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *