Dana Transfer Banten Sekarang Dipangkas Rp 23 miliar

  • Whatsapp
Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy saat wawancara.

KOTA SERANG, RADAR24NEWS.COM-Total alokasi dana transfer dari pemerintah pusat ke Provinsi Banten sekarang atau tahun anggaran 2020 dipangkas sebesar Rp 23 miliar, dibanding tahun anggaran 2019.

Pada tahun anggaran 2019, Provinsi Banten mendapatkan alokasi dana transfer sebesar 17,06 triliun. Sementara pada 2020 sebesar Rp 16 triliun lebih.

Bacaan Lainnya

Menanggapi hal ini, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy membenarkan, total anggaran dana transfer dari Pemerintah Pusat ke Banten menurun Rp 23 miliar, dibanding tahun anggara 2019. Menurut Andika, penurunan alokasi dana transfer dari Pemerintah Pusat dipredikasi kembai menurun pada tahun anggaran 2021. Hal itu berdasarkan pengumuman yang disampikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Iya menurun, tahun 2021 juga dipredikasi akan menurun,” kata Andika usai menghadiri Forum Group Discussion (FGD) bersama Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Pendopo Gubernur Banten, Minggu (15/11/2020).

Baca juga: Zaki Minta Pengurus KOK Rawat Stadion Mini di Tiap Kecamatan

Andika berharap, total alokasi dana transfer untuk Banten tidak mengalami penurunan. Sebab, wilayah Banten merupakan penyangga ibu kota negara, yakni Jakarta. Artinya, jika dinilai dari jumlah penduduk tidak berkeadilan.

“Saya berharap, dana tranfer daerah tidak dipangkas oleh Pemerintah Pusat karena Banten sebagai daerah penyangga ibu kota. bagimana bisa menggeliat di desa-desa wilayah Banten, bila dana tranfer turun terus,” harapnya.

Andika menambhkan, penurunan alokasi dana transfer akan mempengaruhi program strategis daerah dalam penguatan ekonomi.

“Apalagi, hampir semua anggaran Pemprov Banten tahun ini dialihkan untuk penanganan virus corona atau Covid-19,” pungkasnya. (den/agus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *