Cara Agar Pengalaman Masa Lalu Tak Rusak Hubungan Baru

  • Whatsapp
Cara Agar Pengalaman Masa Lalu Tak Rusak Hubungan Baru
Cara Agar Pengalaman Masa Lalu Tak Rusak Hubungan Baru. (foto klik dokter)

JAKARTA, RADAR24NEWS.COM-Anda mungkin pernah merasakan pengalaman buruk dengan hubungan percintaan di masa lalu. Namun jangan biarkan masa lalu merusak masa kini dan masa depan Anda.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar pengalaman masa lalu tidak merusak hubungan asmara yang baru Anda jalin. Berikut ini di antaranya dilangsir dari Ehow, Sabtu (31/7/2021).

Bacaan Lainnya

Ikut konseling

Ini tergantung pada kejadian yang terjadi dengan Anda di masa lalu. Jika dibutuhkan, Anda bisa mengikuti konseling untuk belajar mengatasi apa yang Anda rasakan tentang masa lalu yang kemungkinan bisa merusak hubungan baru Anda.

Jika Anda pernah mengalami kekerasan secara fisik, verbal, emosional, atau bahkan seksual, Anda bisa memiliki luka emosional yang bisa terus ada jika tidak diatasi dengan benar. Dengan mendapat bimbingan dari orang yang ahli, Anda bisa belajar untuk menangani trauma di masa lalu.

Belajar untuk percaya

Akibat masalah di masa lalu, Anda mungkin menjadi memiliki kesulitan untuk percaya pada orang baru. Namun, Anda pun harus ingat bahwa pasangan Anda saat ini bukan mantan Anda.

Memang normal jika Anda merasa was-was untuk tidak melakukan kesalahan yang sama. Tapi jangan juga selalu merasa curiga pada pasangan, karena hal itu justru bisa merusak hubungan. Cobalah komunikasikan dengan pasangan tentang perasaan Anda, kemudian belajarlah untuk memberi kepercayaan padanya.

Saatnya untuk melepaskan

Satu-satunya cara untuk bisa menjalin hubungan baru adalah dengan melepaskan masa lalu. Sadari bahwa Anda merasa jauh lebih baik tanpa si mantan dan bahwa Anda siap menjalin hubungan baru.

Komunikasi terbuka

Hubungan Anda di masa lalu bisa membentuk cara Anda menangani hubungan yang baru. Beberapa masalah bisa diperbaiki, namun ada juga masalah yang punya dampak jangka panjang.

Lebih baik ciptakan komunikasi yang terbuka antara Anda dengan pasangan, agar tidak ada lagi kesalahan masa lalu yang terulang. Tidak apa-apa jika Anda ingin menceritakan penyebab ketakutan Anda pada pasangan, namun sebaiknya jangan memberikan informasi yang mendetail, terutama di awal hubungan.

Beri informasi yang cukup, agar setidaknya pasangan Anda mengerti apa yang membentuk sikap Anda. (gus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.