Busi Motor dan Mobil Cepat Mati, Ini Penyebabnya

  • Whatsapp
Busi Motor dan Mobil Cepat Mati, Ini Penyebabnya
Ilustrasi: Busi Motor

KABUPATEN TANGERANG, RADAR24NEWS.COM-Busi motor dan mobil merupakan sebuah komponen dari motor yang mempunyai peranan yang sangat penting. Komponen yang satu ini biarpun kecil tapi bisa menjadi masalah besar bagi para pengguna motor atau mobil.

Alex, Pemilik Bengkel di Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang menjelaskan, ada beberapa hal atau penyebab yang dapat membuat busi cepat mati. Penyebab yang pertama ialah karena ruang mesin yang terlalu basah karena oli.

Bacaan Lainnya

“Hal ini biasanya di sebabkan oleh keausan setang seker atau ring seker. Selain itu busi bisa cepat mati karena silinder yang sering aus dan menyebabkan oli dapat masuk ke ruang mesin motor,” kata Alex saat berbincang dengan radar24news.com, Jumat (9/4/2021).

Baca juga: Cara Sederhana Agar Terhindar dari Pencurian Motor

Kerusakan busi, lanjutnya, bisa dampak buruk yang lebih besar yakni keluarnya asap dari kenalpot secara berlebihan. Dan yang membuat asap tersebut timbul adalah karena kotoran yang di hasilkan dari kelembaban dari dalam ruang mesin.

“Untuk solusinya kita bisa membersihkan mesin,” tuturnya.

Untuk penyebab yang kedua ialah karena terjadinya kosleting pada jalur pengapian. Dan hal inilah yang membuat motor menjadi ngadat dan terjadi pada gangguan koil yang berfungsi sebagai alat pengapian, cdi spulpun akan menjadi cepat mati.

“Solusinya kita bisa mengecek jalu pengapian, apabila terjadi kabel yang bermasalah dan menyebabkan korsleting maka cepat-cepatlah perbaiki,” ujarnya.

Penyebab yang terkahir adalah karena terjadinya hisapan bensin yang berlebihan. Dan hal ini di sebabkan karena terjadinya banjir pada karburator, bensin masuk berlebihan pada mesin sehinggan menjadikannya lembab dan menjadikannya cepat kotor.

“Kotoran yang terdapat dalam busi bisa menyebabkan, korsleting yang membuat busi cepat mati. Untuk solusi masalah ini adalah dengan menservis karburator secara berkala,” pungkasnya. (imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.