BPBD Kabupaten Tangerang Bentuk 5 Desa Tangguh Bencana

  • Whatsapp
Petugas BPBD Kabupaten Tangerang memperlihatkan alat sistem informasi gempa dan cuaca yang terpasang di kantornya.

KABUPATEN TANGERANG,RADAR24NEWS.COM-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang membentuk 5 Desa Tangguh Bencana sebagai langkah dini penanganan bencana di wilayah Kabupaten Tangerang. Kelima desa tersebut adalah Desa Jayanti, Bencongan, Bencongan Indah, Cikande dan Bojong Kamal.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahaan Bencana pada BPBD Kabupaten Tangerang Tifna Purnama menjelaskan, Pemebntukan Desa Taguh Bencana ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang dalam menanggulangi bencana.

Bacaan Lainnya

“Pembentukan Desa Tangguh Bencana dilakukan bertahap, tahun ini baru terbentuk lima. Tapi tahun depan kita targetkan 274 Desa,” kata Tifna kepada radar24news.com, Sabtu (19/9/2020).

Menurut Tifna, personil Desa Tangguh Bencana ini berasal dari berbagai unsur masyarakat di Desa tersebut. Nantinya mereka bakal mendapat pelatihan dari BPBD dan akan menjadi garda terdepan jika ada bencana di wilayahnya.

“Jadi Tim Desa Tangguh bencana ini memiliki tugas, selain menangani evakuasi warga ketika ada bencana, juga ada yang bertugas di dapur umum,” tuturnya.

Tifna berharap, dengan dibentuknya Desa Tangguh Bencana ini bisa megurangi risiko bencana alam. Selain itu, Tifna juga berharap, keberadaan tim Desa Tangguh Bencana ini bisa diberikan motivasi oleh aparatur Desa.

“Saya berharap, Pemdes (Pemerintah Desa_red) turut mengalokasikan anggaran untuk kebencanaan bersumber dari dana desa sesuai kebutuhan dan kemampuan,” harapnya. (ade maulana/imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *