Baru 114 Ormas yang Lengkap Data, Kesbangpol Pemkab Serang Ingatkan Ini

  • Whatsapp
Baru 114 Ormas yang Lengkap Data, Kesbangpol Pemkab Serang Ingatkan Ini
Badan Kesbangpol Pemkab Serang sedang melakukan pendataan Ormas.

KABUPATEN SERANG, RADAR24NEWS.COM-Badan Kesatuan Bangsa dan Poltik atau Kesbangpol Pemkab Serang sedang melakukan pemutakhiran data Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) di Kabupaten Serang. Hasilnya, baru ada 114 Ormas yang sudah lengkap datanya.

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri danOrganisasi Budaya pada Badan Kesbangpol Pemkab Serang, Mochamad Yagi Susilo mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan verifikasi Ormas secara bertahap. Verifikasi tersebut dilakukan dengan cara mendatangi alamat Ormas tersebut.

Bacaan Lainnya

“Kami mendatangi langsung alamat Ormas untuk melakukan verfikasi secara bertahap, Karena Ormas di Kabupaten Serang banyak,” ungkap pria yang akrab dipanggil Yagi ini, Jumat (7/1/2022).

Yagi menjelaskan bahwa, pendataan keberadaan Ormas ini dilakukan berdasarkan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri atau Permendagri Nomor 58 tahun 2016 tentang Pelaksana Undang- Undang Nomor 17 tahun 2013 tentang Ormas.

“Dalam aturan itu disebutkan, semua Ormas harus melaporkan ke Badan Kesbangpol untuk dicatat,” terangnya.

Berdasarkan pendataan sementara, lanjut Yagi, terdapat sebanyak 114 Ormas yang aktif dan alamatnya jelas di Kabupaten Serang. Ratusan Ormas tersebut bergerak di beberapa bidang. Diantaranya bidang pendidikan, sosial dan budaya.

“Data sementara kami, ada 114 Ormas yang aktif dan alamatnya jelas. Kegiatannya ada yang bergerak di Pendidikan, Sosial serta Budaya,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Yagi mengimbau kepada semua Ormas di Kabupaten Serang untuk melakukan pelaporan kegiatan setiap enam bulan sekali ke Badan Kesbangpol. Itu dilakukan agar Badan Kesbangpol tahu kegiatannya.

“Agar kami tahu, apa kegiatan dari Ormas itu,” tutupnya. (angga/imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.