Asyik, 3 Desa di Sukadiri Tangerang Dapat Program Indonesia Terang

  • Whatsapp
Asyik, 3 Desa di Sukadiri Tangerang Dapat Program Indonesia Terang
3 Desa di Sukadiri Tangerang Dapat Program Indonesia Terang

KABUPATEN TANGERANG, RADAR24NEWS.COM-Presiden Joko widodo telah membuat Program Indonesia Terang (PIT) pada 2017 silam, bertujuan untuk melistriki daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan (DTPK) melalui kementrian ESDM dan Kemendagri. Diketahui, Kabupaten Tangerang sendiri merupakan Kabupaten penerima program gelombang ke 2.

Pengawas program Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) Kabupaten Tangerang, Firman mengatakan, bahwa program indonesia terang (PIT) telah diluncurkan pemerintah pusat sejak tahun 2017 dan Kabupaten Tangerang merupakan penerima program gelombang ke 2 sekitar 50 persen. Ada 3 desa di Kecamatan Sukadiri yang mendapatkan program indonesia terang (PIT) yaitu Desa Rawakidang, Desa Mekar Kondang dan Desa Sukadiri.

Bacaan Lainnya

“Kabupaten Tangerang baru sekitar 50 persen, hari ini adalah tahap penitikan nol lokasi yang akan di pasang penerangan umum dari tenaga surya,” kata Firman kepada wartawan radar24news.com saat di jumpai di kantor Desa Rawakidang, Jumat (23/7/2021).

Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat, PKS Kirim Surat Terbuka ke Walikota Tangerang

Lanjut Firman, dalam tiap desa rencananya akan dibuat 500 titik dengan masa pengerjaan maksimal 100 hari kalender yang akan dikerjakan oleh pihak ke 3, sedangkan sumber energinya sendiri disiapkan oleh pemerintah pusat.

“Kita tinggal menunggu surat perintah kerja (Spk_red) dan nanti vendor yang mengerjakan setelah diumumkan lelang,” ujarnya.

Pihaknyapun meminta kepada kepala desa, masyarakat serta semua pihak untuk dapat mendukung, menjaga dan mengawasi pelaksana program, agar apa yang dikerjakan sesuai dengan spesifikasi.

“Karena ini aset negara, saya minta kepala desa dan aparatur setempat menjaganya, serta meminta kepada rekan media untuk melihat, mengawasi, agar program ini sesuai dengan harapan tanpa penyelewengan,” tukasnya.

Sementara, Kepala Desa Rawakidang Soleh Fikri mengatakan, pihaknya mendukung program indonesia terang (PIT) dan berterima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan program untuk desanya, yang dirasa dapat sedikit meringankan beban biaya ekonomi masyarakat.

“Saya sangat senang, karena warga saya nanti bayar listriknya agak sedikit berkurang, karena terbantu dengan penerangan dari tenaga surya. Apalagi massa pandemi ini,” singkatnya. (ade maulana)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.