APBD Perubahan Pemkab Tangerang Defisit Rp580,49 Miliar

  • Whatsapp
APBD Perubahan Pemkab Tangerang Defisit Rp580,49 Miliar
Wakil Bupati Tangerang Mad Romli saat menghadiri rapat paripurna DPRD Kabupaten Tangerang.

KABUPATEN TANGERANG, RADAR24NEWS.COM-Wakil Bupati Tangerang Mad Ramli menyampaikan rancangan anggaran pendapatan dan belanja (APBD) Perubahan 2021 pada saat sidang paripurna di DPRD Kabupaten Tangerang. Hasilnya, terdapat defisit anggaran sebesar Rp580,49 miliar.

Dalam penyampaiannya, Mad Romli mengatakan, bahwa terjadi perubahan antara APBD murni dan APBD perubahan 2021. Perubahan itu terjadi pendapatan daerah yang diseblumnya diestimasikan sebesar Rp5,79 triliun naik menjadi Rp6,22 triliun.

Bacaan Lainnya

“Tapi, defisit anggaran itu akan dibiaya dari Silpa (sisa perhitungan anggaran) tahun anggaran 2020 lalu,” kata pria yang akrab dipanggil Haji Ombi ini, Jumat (17/9/2021).

Baca juga: Hanya Bahas P-APBD, DPRD Lebak Rapat di Hotel Ciputra Jakarta

Haji Ombi menambahkan, defisit anggaran itu tidak akan mempengaruhi program yang sudah ditetapkan Pemkab Tangerang bersama DPRD Kabupaten Tangerang. Sebab, Silpa 2020 lalu bisa menutupi untuk defisit tersebut.

“Silpa anggaran 2020 ada sekitar Rp600 miliar lebih. Dana itulah yang menutupi defisit APBD Perubahan 2021. Jadi program-program yang sudah diagendakan, tetap bisa dijalankan,” ujarnya.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Astayudin meminta, Pemkab Tangerang untuk melakukan evaluasi terhadap seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait serapan anggaran bersumber APBD murni 2021. Hal itu perlu dilakukan untuk mengetahui, OPD mana yang belum menyerap anggaran secara maksimal.

“Jika ada OPD yang belum menyerap anggarann bersumber APBD murni, saya minta habiskan dulu,: singkatnya.

Sementara itu, Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Tangerang mengatakan, besaran APBD Perubahan 2021 yang diajukan Pemkab Tangerang itu sudag sesuai dengan perubahan kebijakan umum anggaran (KUA) dan prioritas plafon anggaran sementara (PPAS) yang telah disetujui bersama Pemkab Tangerang dan DPRD Kabupaten Tangerang.

“Pemkab Tangerang sudah melampirkan nota keuangan dan RAPBD Perubahan, kita akan mempelajari secara mendalam. Meskipun sudah sesuai dengan KUA-PPAS yang sudah disetujui bersama,” pungkasnya. (imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.