Alokasi Dana Penanganana Covid-19 Pemkab Tangerang Beda Dengan Kemendagri?

  • Whatsapp
Ilustrasi virus corona

KABUPATEN TANGERANG,RADARNEWS.COM-Alokasi dana penanganan virus corona atau covid-19 yang disampikan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar ternyata berbeda dengan data yang diterima Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Bupati Tangerang sebelumnya menyampaikan bahwa dana penanganan virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Tangerang mencapai Rp 250 miliar. Namun kenyataannya data di Kemendagri hanya Rp 241,2 Miliar.

“Pemkab Tangerang melaporkan dana penanganan covid-19 Rp 241,2 miliar,” kata Direktorat Jendral (Dirjen) Bina Keungan Derah pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Mochamad Ardian Noervianto kepada radar24news.com melalui telepon, Rabu (15/4/2020).

Baca juga: Jumlah Calon Penerima Bansos Corona di Kabupaten Tangerang Disoal

Ardian mengatakan, pihaknya pihaknya akan melihat kapasitas fiskal dari setiap pemerintah daerah (Pemda). Tentunya, dengan memperhatikan surat keputusan bersama (SKB) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menteri Keuangan (Menkeu) nomor: 119/2813/SJ, nomor: 177/ KMK.07/2020.

SKB ini, lanjut Ardian, berisikan tentang percepatan penyelesaian anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2020 dalam rangka penanganan corona serta pengamanan daya beli masyarakat dan perekonomian nasional.

Dia menegaskan, pihaknya akan terus memantau setiap daerah untuk melaksanakan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pencegahan Penyebaran dan Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Lingkungan Pemerintah Daerah.

Sebagai transparansi penggunaan anggaran, kata dia, Kemendagri meminta agar Pemkab Tangerang mempublish seluruh anggaran yang telah terpakai agar masyarakat umum dapat ikut mengawasi.

“Sesuai UU 23 Tahun 2014 seharusnya anggaran tersebut bisa dipublish minimal dalam website-nya,” tegasnya. (imron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *