Agar Tidak Gugup Saat Presentasi, Lakukan 5 Langkah Berikut ini

  • Whatsapp
Agar Tidak Gugup Saat Presentasi, Lakukan 5 Langkah Berikut ini
Ilustrasi: Presentasi

JAKARTA, RADAR24NEWS.COM-Saat diminta untuk melakukan presentasi dalam sebuah meeting penting, rasa gugup seringkali melanda. Namun, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk tetap tenang ketika melakukan presentasi seperti dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (18/9/2021).

Baca dulu: Tak Perlu Pusing, Begini Cara Menghadapi Kompetitor Bisnis

Bacaan Lainnya
1. Memhami Materi Presentasi

Salah satu cara agar tetap tenang dan percaya diri saat melakukan presentasi adalah tahu bahwa paham benar akan materi yang dipresentasikan. Karena itu persiapan itu sangat penting. Sebelum melakukan presentasi, pastikan Anda mempelajari dan membaca ulang setiap bahan yang akan dibicarakan.

2. Sampaikan Materi Presentasi Dengan Singkat dan Jelas

Rentang perhatian orang dewasa dapat bervariasi tergantung pada individu masing-masing. Tapi, untuk amannya, kemukakan pidato atau presentasi dalam jangka waktu yang pendek atau singkat dan jelas. Cari tahu batas waktu Anda dalam melakukan presentasi, kemudian tuliskan semua poin yang Anda butuhkan. Sehingga aspek penting dalam presentasi tetap ringkas namun terperinci.

3. Latihan Presentasi

Lakukan juga latihan presentasi, untuk mengetahui waktu yang Anda perlukan dan apakah presentasi terasa membosankan atau tidak. Jika presentasi terlalu panjang, masukkan istirahat didalamnya dan coba untuk tidak berbicara terlalu cepat.

4. Sampaikan Presentasi yang Menarik

Anda harus tahu kapan sebaiknya memperlambat cara berbicara, apalagi jika Anda merasa presentasi mulai terdengar membosankan. Anda tentu ingin agar para hadirin tetap fokus mengikuti presentasi, karena itu coba masukkan gambar-gambar menarik yang menunjang presentasi. Masukkan kutipan, anekdot, atau apapun yang bisa mendapatkan perhatian para peserta presentasi.

5. Fokus pada Materi Presentasi

Pastikan pula isi presentasi Anda tetap fokus, jangan sampai topik pembicaraan menyebar kemana-mana. Jika peserta presentasi sudah mulai bosan atau tidak fokus, Anda pun bisa kehilangan rasa tenang saat menyampaikan presentasi.

Itulah 5 langkah agar tidak gugup saat menyampaikan presentasi, semoga bermanfaat. (gus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.