7 Tips Agar Kantong Tak ‘Kering’ Usai Pesta Pernikahan

  • Whatsapp
7 Tips Agar Kantong Tak ‘Kering’ Usai Pesta Pernikahan
7 Tips Agar Kantong Tak ‘Kering’ Usai Pesta Pernikahan.

JAKARTA, RADAR24NEWS.COM-Rasanya hati turut senang ketika mendengar kabar bahwa teman atau sanak famili segera pesta pernikahan. Namun, jika beberapa undangan pernikahan datang bersamaan dengan tanggal resepsi yang saling berdekatan, justru menjadi dilema.

Selain mengatur ulang manajemen waktu yang telah dirancang, urusan pengluaran pun terkadang membuat kepala pusing. Hal ini disebabkan anggapan umum menghadiri undangan pernikahan selain sebagai ajang silahturahmi, juga menjadi ajang ‘see and to be seen’ atau melihat dan dilihat.

Bacaan Lainnya

Pakaian dan kado terbaik menjadi hal yang cukup diperhatikan ketika menjadi tamu resepsi pernikahan. Agar tidak ‘kebablasan’ dalam mengeluarkan dana, di bawah ini, 7 tips mengatur pengeluaran sebagai tamu, Sabtu (31/7/2021).

Baca juga: Sepuluh Cara Jitu untuk Memulai Bisnis Agar Sukses

1. Menabung

Sisihkan sekitar tiga atau lima persen dana dari pos tabungan yang biasa Anda sisihkan sebanyak 15 persen dari pendapatan tiap bulannya. Tabungan ini akan sangat berguna ketika suatu waktu Anda mendapatkan beberapa undangan pernikahan yang dihelat dalam waktu berdekatan. Setidaknya, Anda tidak perlu mengganggu pos-pos pengeluaran rutin bulanan Anda.

2. Buat rencana pengeluaran

Jika Anda tidak terpikirkan untuk membuat pos tabungan khusus seperti di poin sebelumnya, maka membuat rencana pengeluaran sesaat setelah menerima undangan pernikahan adalah hal yang penting untuk dilakukan. Anda dapat mengecek ulang rencana keuangan yang telah dirancang, dan mendata kembali prioritas pengeluaran dengan menyingkirkan rencana pengeluaran yang tidak terlalu penting.

3. Berbagi dana pengeluaran

Jika undangan pernikahan yang Anda dapatkan turut menghampiri teman atau kerabat Anda, maka tidak ada salahnya untuk mengusulkan ide ‘sharing cost’ atau berbagi pengeluaran.

Sebagai contoh, Anda dapat berkendara bersama dengan satu mobil menuju tempar resepsi pernikahan. Anda juga dapat membeli ‘patungan’ membawa sebuah kado yang sangat istimewa, tentunya dengan beban biaya yang lebih ringan karena saling berbagi.

4. Pakaian

Sudah menjadi rahasia umum bahwa menghadiri undangan pernikahan menjadi salah satu ajang adu pamer pakaian yang dikenakan oleh para tamu. Ingin selalu tampil dengan pakaian berbeda namun dengan pengeluaran yang tetap terjaga? Padu padan adalah solusi terbaik.

Manfaatkan koleksi kebaya atau gaun bagi wanita kemeja serta celana kain bagi pria yang tersimpan di lemari dalam bentuk padu padan baru. Cari inspirasi padu padan yang menarik di internet dan aplikasikan pada gaya berbusana Anda. Voila, Anda akan tetap tampil trendi tanpa harus membeli pakaian baru.

5. Cerdas dalam memilih akomodasi

Saat ini tren melangsungkan resepsi pernikahan di tempat-tempat eksotis tengah diminati secara luas. Di Indonesia, Bali menjadi lokasi favorit bagi banyak pasangan ibukota dan banyak kota besar di Indonesia lainnya untuk melangsungkan resepsi pernikahan mereka.

Beruntung jika si pengundang memberikan subsidi biaya perjalanan, namun jika tidak, jangan sampai Anda terbawa gengsi untuk menginap di hotel berbintang karena alasan Anda harus tampil ‘stand-out’ sebagai tamu undangan.

Pikirkan lagi, apakah Anda akan ditanya mengenai tempat tempat Anda menginap? Rasanya tidak, dan oleh sebab itu ada baiknya untuk mengutamakan efisiensi daripada gengsi. Menginap di jaringan hotel budget dapat menjadi pilihan cerdas ketika hendak menghadiri undangan pernikahan di luar kota, setidaknya Anda dapat standar kualitas yang cukup nyaman dengan harga bersahabat.

6. Kue pengantin

Jika Anda mahir dalam mebuat kue, tidak ada salahnya untuk mencoba menawarkan kue pengantin buatan Anda kepada mempelai yang mengundang Anda. Tawarkan harga teman dengan perbedaan harga beberapa kali lipat lebih rendah dibandingkan harga umum.

Meskipun margin untungnya yang didapat kecil, setidaknya hal tersebut dapat Anda alokasikan untuk pengeluaran sebagai tamu pernikahan. Nilai lebihnya, jasa Anda akan sangat dihargai dan menjadi bagian kenangan manis dalam resepsi pernikahan pasangan yang bersangkutan.

7. Tawarkan jasa keahlian Anda

Hampir serupa dengan poin sebelumnya, Anda dapat menawarkan jasa dari keahlian yang dimiliki, di mana relevan denagn resepsi pernikahan terkait. Sebagai contoh, jika Anda mahir dalam merangkai bunga, tidak ada salahnya menawarkan jasa floris dengan harga miring.

Begitu pun jika Anda piawai bermain musik atau membawakan acara, hal-hal tersebut cukup dibutuhkan dalam sebauh resepsi pernikahan. Nilai tawar Anda yang tinggi adalah pada harga jasa yang dipatok lebih rendah dari umumnya karena faktanya Anda kenal dengan pasangan yang menikah tersebut. (gus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.