4 Cara Jitu Agar Tak Dapat Rapor Merah dari Atasan

  • Whatsapp
4 Cara Jitu Agar Tak Dapat Rapor Merah dari Atasan
Ilustrasi: Dapat Rapor Merah dari Atasan

KOTA TANGERANG, RADAR24NEWS.COM-Saat evaluasi tahunan, ternyata Anda mendapatkan rapor merah dari atasan atau bos. Jangan langsung kecil hati, karena ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Selasa (26/10/2021).

1. Pahami situasinya

Bacaan Lainnya

Hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah untuk memahami situasinya terlebih dulu. Misalnya, ketika atasan mengatakan Anda tidak produktif, maka Anda harus mengerti apa maksudnya. Apakah Anda melewati tenggat waktu? Terlalu banyak menghabiskan waktu dengan mengobrol di telepon? Atau ada hal-hal lainnya yang tidak Anda sadari.

Diskusikan dengan atasan Anda dan minta klarifikasi dari penilaian buruk tersebut. Hal ini bisa menunjukkan komitmen dan keinginan Anda untuk memperbaiki kesalahan. Anggap saja penilaian tersebut sebagai ruang untuk Anda berkembang di pekerjaan.

2. Buat rencana

Susun rencana untuk bisa mengatasi masalah Anda. Misalnya, penilaian buruk dari bos karena Anda sering datang terlambat. Mulailah dengan mengubah kebiasaan berangkat kerja Anda. Intinya, dengan mengetahui akar permasalahan Anda, maka akan lebih mudah untuk menemukan solusinya.

3. Minta bantuan

Tidak ada salahnya meminta bantuan kepada rekan kerja dan atasan. Misalnya, keterlambatan pekerjaan Anda karena Anda terlalu sering menunggu orang lain menyelesaikan pekerjaannya. Jika ini yang terjadi, coba dekati orang tersebut dan minta dia untuk bisa menyelesaikan bagian pekerjaannya lebih cepat, supaya Anda bisa lebih produktif. Konsultasikan dengan atasan jika kebiasaan itu berlanjut.

4. Dapatkan umpan balik

Setelah Anda tahu apa saja yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja Anda, maka sekarang saatnya untuk bekerja lebih baik. Selalu evaluasi diri sendiri dari hari ke hari, apakah Anda sudah mengalami peningkatan dan memperbaiki kesalahan. Bisa juga tanyakan ke atasan dan minta umpan balik, supaya atasan juga tahu Anda telah berusaha untuk meningkatkan kinerja. (mey)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.