15 Raperda di Kabupaten Lebak Masuk Prolegda, Ditarget 2021 Rampung

  • Whatsapp
15 Raperda di Kabupaten Lebak Masuk Prolegda
Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya bersama Anggota DPRD Lebak sedang membahas Raperda, beberapa bulan lalu. (dokumen)

KABUPATEN LEBAK, RADAR24NEWS.COM-Sebanyak, 15 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) masuk dalam program legislasi daerah (Prolegda). Ke-15 Raperda itu diantaranya Raperda Penyelenggaraan Peternakan, Kesehatan Hewan, dan Retribusi Pelayanan Kesehatan Hewan, Raperda Perubahan atas Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) 2019-2034.

Kemudian, Raperda Pengelolaan Keuangan Daerah, Raperda Perubahan Ketiga Atas Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2010 tentang Retribusi Jasa Usaha, Raperda perubahan tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya, Raperda Kawasan Tanpa Rokok, Raperda Pendirian BUMD Pasar Raperda Pengelolaan Barang Daerah, dan Raperda Penyelenggaraan Perpustakaan.

“Iya betul, ada 15 Raperda yang masuk Prolegda. Saat ini kami masih menunggu kesiapan dari Pemkab Lebak untuk membahasnya,” kata Peri Purnama Ketua Badan Pembahasan Peraturan Daerah DPRD Kabupaten Lebak, Kamis (14/1/2021).

Menurut Peri, ke-12 Raperda itu mayoritas Raperda yang diusulkan pada 2020 lalu. Dengan rincian, 9 Raperda usulan Eksekutif dan 6 Raperda usulan Legislatif.

“Targetnya, ke-12 Raperda akan dibahas dan ditetapkan menjadi Perda tahun ini,” tuturnya.

Baca juga: Puskesmas Pembantu di Cilangkap Lebak Akan Direhab

Sementara ditemui terpisah, Kepala Bagian (Kabag) Hukum Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Lebak, Lina Budiarti mengatakan, Raperda yang diusulkan oleh Pemkab Lebak ke DPRD Kabupaten Lebak sudah rampung dikaji. Namun demikian, Raperda itu saat ini sedang kembali Tim Asistensi Raperda, sebelum diserahkan ke DPRD Lebak.

“Jadi, Raperda-Raperda usulan Pemkab Lebak sudah selesai dilakukan kajian, tinggal diserahkan ke DPRD Lebak. Tapi sebelum itu, Tim Asistensi Raperda Pemkab Lebak membahas dahulu,” singkatnya. (aji)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *